Selasa, 02 Agustus 2011

ini karena kita

aku memandangi hamparan pasir putih yang kuinjak saat ini, pasir putih yang indah. lalu mataku beralih ke arah depan, menatap deburan ombak kecil yang menabrak karang. memperhatikan warna air laut yang biru muda. aku tersenyum, hatiku gembira karena saat ini aku berada di tempat yang sangat menyenangkan. tenang, sejuk dan bersih tanpa ada banyak polusi dan sampah.

dari tempatku duduk, aku memperhatikan banyak wisatawan lainnya yang tertawa, bercanda dan berfoto-foto mengabadikan moment dan pemandangan indah yang disajikan oleh pulau ini. laut bewarna biru yang teduh, pasirnya yang bewarna putih bersih, karang-karang besar yang indah serta ombak-ombak kecil yang datang menghampiri bibir pantai. sungguh indah dan menenangkan.

"Yah, udah abis nih makanannya... buang dimana yah?" ucap seorang perempuan yang sepertinya wisatawan lokal -sepertiku- yang berdiri di belakangku.

"Itu tempat sampah tuh," ucap seorang lelaki yang sepertinya teman perempuan tersebut.

"Ahh... jauh. udah lah buang disini aja." Perempuan itu menjatuhkan sampah bungkusan plastik makanannya sembarangan, lalu dia kemudian pergi begitu saja tanpa memikirkan akibatnya.

aku berfikir dalam lamunanku. masih banyak tempat yang bersih dan alami, tapi semua itu hanya sementara jika orang-orang yang berada di tempat itu masih memelihara kemalasan untuk menjaga kebersihan. seperti saat ini. tempat ini bersih, tapi orang-orang seperti kami -wisatawan- yang membuat tempat wisata ini menjadi kotor. maafkan aku pasir pantai, terumbu karang, ombak yang indah, laut yang teduh. karena kami kalian menjadi ternoda.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar